Fr, 29-Mar-24, 06:11
Welcome Tamu

BRAVO BISNIS FORUM

Menu
Statistic
Download Gratis
Iklan PPC
Main » 2010 » September » 27 » BRI siap biayai surat tagihan piutang UKM
09:18
BRI siap biayai surat tagihan piutang UKM

JAKARTA: Perbankan siap membiayai anjak piutang terhadap usaha kecil menengah (UKM) untuk mendorong perputaran arus kas semakin cepat yang dapat mendorong usaha kecil dapat tumbuh semakin agresif.

Direktur UKM BRI Djarot Kusumayakti mengatakan pembiayaan surat tagihan piutang milik UKM mulai dilakukan, terutama terhadap pelaku usaha yang memiliki jejak rekam baik dalam bisnis dan kreditnya.

 Hal itu, untuk membantu pelaku usaha kecil bisa semakin memperlancar arus kas di tengah situasi usaha yang masih dihadapkan pada kontrak pembayaran jangka menengah dan panjang terutama bagi UKM yang menjadi pemasok bagi perusahaan BUMN.

 "Biasanya pembayaran atas transaksi barang UKM itu tidak terlalu besar, tapi mekaismenya masih cukup banyak yang pembayarannya ditunda sekitar 2-3 bulan. Untuk itu, bagi UKM yang memiliki surat tagihan atas piutang mereka sudah bisa memperoleh pembiayaan dari perbankan,” katanya hari ini.

 Djarot menyampaikan pembiayaan anjak piutang itu sebenernya sudah lama dilakukan terutama bagi UKM yang menjadi pemasok bagi perusahaan BUMN dan perusahaan besar lainnya. Namun, belum semua bank dan lembaga pembiayaan memberikan pinjaman talangannya.

 Untuk itu, katanya, BRI sebagai bank yang bergerak di pasar usaha kecil memprioritaskan pembiayaan tersebut sebagai bagian dari skema pembiayaan yang ditawarkan terhadap UKM.

 "Jumlah pembiayaan yang diberikan memang tidak bisa seluruhnya sesuai dengan jumlah tagihan piutang, karena harus memperhitungkan risiko dan biaya lainnya yang dibutuhkan untuk pemrosesan pengalihan hak penagihannya sampai lunas,” jelasnya.

Dia mengungkapkan  untuk UKM yang memiliki jejak rekam baik dan perusahaan yang mengeluarkan dokumen utangnya juga tidak pernah bermasalah, maka jumlah pembiayaan yang diberikan bisa mencapai 90% dari jumlah tagihan piutang tersebut. (bas)

BACA JUGA YA..:



Views: 1716 | Added by: bravogroups | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Registration | Login ]
Cari
Kalender
«  September 2010  »
SuMoTuWeThFrSa
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930
Info Lainnya
Polling
Rate my site
Total of answers: 3