Su, 17-Dec-17, 19:06
Welcome Tamu

BRAVO BISNIS FORUM

Menu
Statistic
Download Gratis
Iklan PPC
Main » 2010 » September » 28 » Waspadai Rawan Pangan
07:46
Waspadai Rawan Pangan

DAFTAR DI SINI UNTUK BERGABUNG DENGAN FORUM PENGUSAHA


'Waspadai ancaman kerawanan pangan'

Kamis, 23/09/2010 20:01:58 WIB
Oleh: Yusuf Waluyo Jati JAKARTA: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan ekonom memperingatkan kemungkinan timbulnya kerawanan pangan yang melanda Tanah Air akibat ketidakseimbangan iklim secara global mulai tahun ini.

Ketidakseimbangan itu mulai memicu perubahan cuaca yang ekstrem sehingga menyebabkan gangguan panen di beberapa daerah. Selain itu, problem distribusi yang belum dapat dituntaskan, bisa kian memperparah kerawanan pangan di masyarakat.

"Ketidakseimbangan iklim ini telah menyebabkan gangguan produksi pangan di sejumlah sentra pertanian kita. Selain itu, minimnya daya dukung infrastruktur terutama di luar Jawa terbukti telah menghambat kelancaran pasokan pangan," ujar Pjs. Ketua Umum Kadin Indonesia, Adi Putra Darmawan Tahir kepada Bisnis hari ini.
Dengan kondisi itu, katanya, pasokan pangan nasional berpotensi turun signifikan pada 2010. Jika Indonesia mengalami defisit bahan pangan, Kadin khawatir kodisi itu bisa dengan mudah memicu gejolak inflasi mengingat harga kebutuhan pokok sejauh ini belum memperlihatkan tren penurunan pasca-Lebaran.

Di tempat terpisah, ekonom bidang pertanian Bustanul Arifin menjelaskan perubahan iklim yang melanda di seluruh belahan dunia telah berdampak ekstrim dalam mengganggu sistem produksi pangan.

"Kuat dugaan kalau gangguan produksi itu sudah terjadi di mana-mana. Setidaknya, secara fisik telah terjadi serangan hama di berbagai tempat yang diperkirakan akibat adanya perubahan iklim," paparnya.

Menurut dia, terdapat teori ekologi yang menyebutkan bahwa kini banyak muncul kembali hama pertanian pangan yang sudah lama menghilang. "Bahkan hama wereng yang selama ini kita anggap sudah musnah, ternyata kembali menyerang padi milik petani," ujarnya.

Dampak dari semua itu, imbuhnya, ada kekhawatiran cadangan pangan nasional menjadi merosot drastis. Jika cadangan pangan nasional defisit sehingga memicu pembukaan keran impor pangan, dia menilai hal itu bukanlah sesuatu yang layak dipertentangkan.

"Bagi saya, persoalan impor itu bukan sesuatu yang tabu. Namun, hal itu bisa diartikan juga bahwa perkiraan data produktivitas pertanian pangan yang selama ini ada memang wajib untuk terus dipantau secara serius," tegasnya. (gak)

CEK JUGA :


Views: 615 | Added by: bravogroups | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Registration | Login ]
Cari
Kalender
«  September 2010  »
SuMoTuWeThFrSa
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930
Info Lainnya
Polling
Rate my site
Total of answers: 3